Pj Wali Kota Hadiri Kegiatan Perayaan HUT ke-15 Kecamatan Latina dan pelantikan LKAAM 2023-2028 Kecamatan Latina


Payakumbuh, Sindotime.com– Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Jasman mendorong pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) 2023-2028 Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) dapat lebih memperkokoh kearifan lokal dan menjaga warisan budaya Minangkabau di daerah tersebut.


Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri kegiatan perayaan HUT ke-15 Kecamatan Latina dan pelantikan LKAAM 2023-2028 Kecamatan Latina di Kantor Kecamatan setempat, Selasa (09/01/2024).


“Selamat kepada pengurus LKAAM Kecamatan Latina, mari kita jalin kerjasama yang erat antara pemerintah, masyarakat, dan lembaga adat untuk menciptakan kemajuan yang berkelanjutan di Kecamatan Latina,” kata Pj Wako Payakumbuh, Jasman.


Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Payakumbuh Hamdi Agus, Pj Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Lasta Jasman, unsur Forkopimda, Ketua LKAAM Kota Payakumbuh YB Dt. Parmato Alam, Ketua LKAAM Kecamatan Latina Syafrizal Dt. Damuanso Omeh, Ketua Bundo Kanduang Kota Payakumbuh, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Niniak Mamak, Tokoh Masyarakat setempat.


Ia mengatakan bahwa LKAAM memiliki peran yang sangat signifikan dalam membantu pemerintahan dan meningkatkan kehidupan masyarakat.


“Melalui LKAAM, kita dapat memperkuat identitas dan warisan budaya kita. LKAAM juga akan menjadi penjaga tradisi, menyelenggarakan upacara adat, dan memperkuat partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan terkait kebijakan adat,” katanya.


Selanjutnya Dalam rangka menyongsong pelaksanaan Pemilu yang semakin dekat, Jasman mengajak seluruh elemen masyarakat termasuk LKAAM untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses berlangsung.


Menurutnya keberhasilan pelaksanaan Pileg dan Pilpres tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga merupakan hasil dari kolaborasi dan partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat.


“Saya mengharapkan LKAAM dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan, memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya partisipasi dalam proses demokrasi, serta memupuk semangat persatuan dan kesatuan,” katanya.


Pasa kesempatan itu, Jasman juga mengajak LKAAM dan seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kebersihan kota dengan bersama-sama memilah sampah.


“Kami juga meminta agar masyarakat membuan sampah pada tempat yang telah ditentukan, sesuai dengan jadwal pengangkutan sampah yang telah diatur. Kebersihan kota merupakan tanggung jawab bersama, dan setiap tindakan kecil dari kita dapat memberikan dampak besar bagi lingkungan,” ujarnya.


Camat Latina Diki Engla mengatakan kegiatan ini kita jadikan momentum untuk mengenang tokoh-tokoh pemekaran kecamatan Latina yang dimekarkan dari Kecamaran Payakumbuh Utara pada 2008.


“Momentum ini juga diharapkan dapat meningkat silaturrahmi antar seluruh niniak mamak, bundo kanduang dan tokoh masyarakat untuk menyukseskan pembangunan di Kecamatan Latina,” katanya.


Kegiatan yang telah dilaksanakan, diawali dengan peresmian Kantor Lurah Sungai Durian dan dilanjutkan dengan sejumlah bidang. bidang olahraga yakni turnamen sepakbola U-45 antar kecamatan di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, turnamen bola voli cup se-Kota Payakumbuh.


Bidang adat seni dan budaya seperti pelantikan LKAAM Latina, lomba alua pasambahan yang diikuti oleh niniak mamak antar nagori, lomba baju kurang basiba, dan selanjutnya lomba masak menu serba ikan.


Untuk di bidang sosial, penyerahan bantuan beasiswa pendidikan untuk enam orang dari LKS Peti Bunian, penyerahan bantuan bagi masyarakat yang dalam keadaan sakit dan kurang mampu, penyerahan bantuan bantuan bapak asuh anak stunting.


Selanjutnya di bidang agama, tablik akbar bersama masyarakat, khatam al-quran, dan ditutup nantinya dengan kehadiran Ustad Abdul Somad dalam waktu dekat.


“Terimakasih atas dukungan dan swadaya dari seluruh masyarakat Latina mulai dari hibah tanah pembangunan kantor lurah dan yang telah menyukseskan HUT Latina ke-15,” ungkapnya.


Pada kesempatan itu Pj Wako Payakumbuh Jasman juga dilaksanakan penyerahan beasiswa pendidikan dari LKS Peti Bunian, bantuan kepada masyarakat kurang mampu yang berasal dari sumbangan ASN Kecamatan Latina, bantuan bapak asuh anak stunting, dan pemberian hadiah dari sejumlah kegiatan yang dilaksanakan. (humas/rel)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama