Pemprov Riau Sukses Gelar Lancang Kuning Carnival




Padang, Sindotime-Lancang Kuning Carnival tahun 2024 resmi dibuka, Jumat malam (03/05/2024). Event yang sekaligus Gebyar Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) ini digelar di halaman Kantor Gubernur Riau, Kota Pekanbaru.


Dalam sambutan pembukaannya, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya,  mengajak semua pihak untuk mendukung pelaku UMKM dan pariwisata daerah. Karena sudah seharusnya pemangku kepentingan memperkuat kolaborasi untuk menjadi kunci keberhasilan kemajuan bangsa.


“Kita harus konsisten, kita harus kolaborasi dan kita harus bangga dengan apa yang kita lakukan. Oleh karenanya saya mengajak bahwa semua pihak, adik-adik dan para pejabat mendukung yang namanya UMKM, mendukung pariwisata daerah, karena itu adalah kebanggaan yang bisa kita banggakan bersama," ungkapnya.


Sementara Penjabat Gubernur Riau, SF Hariyanto mengatakan, Gernas BBI/BBWI merupakan suatu wadah untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk-produk UMKM lokal Indonesia, khususnya dari provinsi Riau.


“Gerakan ini hadir dari hasil sinergi dan kolaborasi kementerian, lembaga, pemerintah daerah serta stakeholder lainnya. Kita patut bersyukur dan berbangga, Alhamdulillah pelaksanaan BBI dan BBWI tahun 2023 yang lalu, Riau berhasil meraih predikat provinsi penyelenggara terbaik gerakan nasional BBI BBWI,” katanya.


Gubernur Sumatera Barat, yang diwakili Kepala Diskominfotik Sumbar, turut hadir memeriahkan event yang digelar di Bumi Lancang Kuning tersebut.


Menurutnya, sinergi antar stakeholder dalam mensukseskan event ini patut diacungi jempol.


“Meskipun Sumbar sudah sering menggelar event-event skala nasional, banyak hal positif yang bisa kita tiru untuk diterapkan di Sumbar nantinya, yang terpenting koordinasi dan sinergi,” ucapnya.


Pantauan di venue utama, ditampilkan fashion show pesona wastra nusantara dari pakaian tradisional hingga hiasan unik, peserta parade memamerkan warisan budaya mereka dengan bangga. Diawali catwalk oleh Pj Gubernur Riau beserta istri dan diikuti dari seluruh Kepala Daerah, Kepala Forkopimda, dan Kepala OPD Pemprov Riau secara berpasangan yang menjadi bagian tak terpisahkan dari event ini, termasuk Pj Walikota Padang Panjang dan Pj Walikota Payakumbuh.


Animo masyarakat Riau cukup tinggi pada opening ceremony, puluhan ribu warga tumpah ruah memadati jalanan dan lapangan untuk menyaksikan parade budaya terbesar di daerah berjuluk Bumi Lancang Kuning. Antusias tersebut sudah terlihat sejak sore hari.


Gebyar Gernas BBI BBWI dan Lancang Kuning Carnival menjadi sorotan utama dengan tarian massal terbesar yang pernah ada. Lebih dari 10 ribu peserta dari berbagai pihak ikut berkumpul untuk memecahkan rekor Muri dengan gerakan yang indah dan mengagumkan. (rel)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama