Lebih dari 40 Karya Siswa Ditampilkan

Lebih dari 40 Karya Siswa Ditampilkan

Gebyar Pendidikan Resmi Dibuka

Padang, Sindotime-Sedikitnya sebanyak 40 hasil karya inovatif siswa SMA dan SMK dari seluruh Kabupaten/Kota di Sumbar, ditampilkan pada Gebyar Pendidikan 2017 yang digelar di Halaman Dinas Pendidikan Sumbar, pada 16-18 November.
Kegiatan yang mengangkat tema, Generasi Cerdas, Kreatif dan inovatif tersebut bertujuan untuk menunjukan kepada publik, tentang kreasi yang telah dihasilkan anak didik selama menimba ilmu di bangku sekolah.
”Meski kewenangan SLTA dan SMK dialihkan ke provinsi, namun kami minta masing-masing kabupaten/kota untuk mendukung penuh kegiatan siswanya, yang mewakili daerah yang bersangkutan pada kegiatan ini,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Burhasman kepada wartawan, saat jumpa pers di ruang kerjanya, kemarin.
Dari hasil karya siswa tersebut, nantinya akan dinilai oleh tim penilai yang berasal dari Dinas Pendidikan dan perguruan tinggi. Di mana, indikator penilaiannya, meliputi, tingkat inovasi, kreatifitas bentuk dan pengembangan nilai guna dari karya yang dihasilkan.
Mereka yang terpilih menjadi pemenang nantinya, akan mendapatkan hadiah yang telah disediakan pihak dinas selaku panitia penyelenggara.
Diakui, seperti pada tahun lalu, banyak sekali karya inovatif yang ditampilkan para siswa seperti, tong sampah sopan, mematikan lampu pakai remot, membuat drone dan berbagai karya inovatif lainnya. Bahkan jika tahun lalu, pada tingkat internasional, siswa dari negara lain bisa menggerakan miniatur eskavator dari remot.
Namun di Indonesia justru sebaliknya, siswanya sudah mampu menggerakannya dengan menggunakan ponsel. Tak hanya itu, ada juga dari mereka yang menciptakan kesek anti maling dan juga talempong digital melalui aplikasi.
Output yang diharapkan dari kegiatan tersebut adalah, masing-masing sekolah bisa ikut mendorong untuk mengembangkannya di sekolah, dengan menggunakan dana bos. Sehingga, karya-karya siswa tersebut nantinya bisa mendatang nilai tambah bagi sekolah.
Selain itu, yang terpenting, pihaknya juga meminta kepada lembaga-lembaga lainnya untuk ikut mendorong pengembangan karya siswa tersebut. “Kalau bisa, kami tentunya juga berharap ada pihak lainnya yang ikut mendorong pengembangan karya siswa ini,” ungkap mantan kepada dinas pariwisata Sumbar tersebut.
Sesuai rencana, Gebyar pendidikan ini, rencananya akan dibuka oleh Gubernur Sumbar atau yang mewakili hari ini.(zul)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama