Tanamkan Sikap Toleransi Moderasi Beragama di MATSAMA Tahun 2022

 

Plt MTsN 1 Kota Padang, Idra Putri memaparkan materi Moderasi Beragama kepada peserta Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) MTsN 1 Padang Tahun Pelajaran 2022/2023, di aula madrasah, Rabu (13/7).

Padang, Sindotime-Tanamkan sikap toleransi sejak dini, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang Idra Putri paparkan materi Moderasi Beragama kepada peserta Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) MTsN 1 Padang Tahun Pelajaran 2022/2023, di aula madrasah, Rabu (13/7).

Idra Putri bertindak sebagai narasumber di MATSAMA peserta didik baru MTsN 1 Padang Tahun Pelajaran 2022/2013 dengan judul "Moderasi  Beragama " dalam durasi waktu 30 menit dan di moderatori oleh Hj. Maryani Sastera.

Idra Putri menyajikan materi Moderasi Beragama dimulai dari pengertiannya, pengertian radikalisme, ektrime, dan bully. 

Orang nomor satu MTsN 1 Padang itu menjelaskan secara detail tentang Moderasi Beragama dan Moderasi dalam Pendidikan.

Kombinasi Moderasi Beragama yang dipadukan dengan Moderasi Pendidikan akan mewujudkan kenyamanan dalam dunia pendidikan dan dalam hidup  beragama, dan masyarakat.

Idra juga mengingatkan peserta didik tentang hal-hal yang harus dihindari demi menjaga keharmonisan dan menjaga nilai-nilai toleransi seperti issue SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), menggelari teman dengan panggilan yang tidak ia sukai, mengejek, mencaci, dan saling men-bully.

Idra Putri apresiasi dan semangati seluruh peserta MATSAMA yang antusias dan penuh semangat mengikuti kegiatan penuh arti ini. Peserta didik harus mampu menfilter dan memilah setiap apa saja yang dilihat di android dan media sosial. di era digitalisasi ini peserta didik harus mampu mengambil nilai positif yang mengedukasi demi terjaganya moral dan akhlak seorang pelajar.

Siswa MTsN 1 Kota Padang harus menjadi pelopor dan berada di barisan terdepan dalam mengimplementasikan Moderasi Beragama. Siswa yang belajar dan dididik di madrasah harus mampu menjadi agen toleransi dalam kehidupan beragama dan masyarakat imbuh Idra mengakhiri.(rel)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama