Dinas Pendidikan Sumbar, Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir dan Tanah Longsor



Padang, sindotime.com-Bencana banjir bandang dan tanah longsor yang melanda sejumlah daerah di Sumbar, menimbulkan rasa keprihatinan bagi kita bersama. Betapa tidak, di tengah kondisi ekonomi yang kiat sulit, masyarakat Sumbar dihadapkan dengan ujian dari Allah SWT. Untuk meringankan penderitaan masyarakat yang terdampak bencana tersebut, sejumlah lembaga dan instansi pemerintahan di Ranah Minang turut berpartisipasi.


Begitu juga halnya dengan Dinas Pendidikan Sumbar. Sebagai bentuk wujud kepedulian terhadap mereka yang terdampak bencana banjir dan longsor, instansi yang bertanggung jawab terhadap kemajuan pendidikan di Sumbar tersebut menyalurkan bantuan ke Kenagarian Api-api, Kecamatan Bayang, Pesisir Selatan (Pessel), Minggu (10/3).


Tim Relawan Dinas Pendidikan Sumbar yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Barlius tersebut bertolak dari Padang sekitar pukul 16.00. Dan tiba di Posko Relawan di Kenagarian Api-api, Kecamatan Bayang, Pessel pada pukul 22.00.


Mereka membawa bantuan berupa bahan pokok yang sangat dibutuhkan oleh warga terdampak banjir dan longsor. Meski jumlahnya tidak begitu besar, namun bantuan tersebut diharapkan mampu meringankan beban korban bencana.




“Ini sebagai bentuk kepedulian kita terhadap korban bencana banjir dan tanah longsor. Kami berharap bantuan yang diberikan ini bisa untuk meringankan beban hidup masyarakat yang terdampak,” ujar Kadis Pendidikan Barlius saat penyerahan bantuan.


Menariknya, bantuan yang dikumpulkan tersebut bersifat dadakan, berdasarkan inisiatif dari sejumlah kepala sekolah SMA/SMK dan juga jajaran Dinas Pendidikan, yang dilakukan secara badoncek. Dan dari partisipasi itu, terkumpul bantuan yang dibawa oleh sebanyak dua unit mobil pick up L300.


Sejumlah bantuan yang disalurkan itu adalah beras 300 kg (paket 10 kg), nasi bungkus Lamun Ombak 150 bungkus, rendang 20 kg, mie instan 25 dus, air mineral 30 dus, susu brand 5 kotak, roti 10 dus, pempes bayi 5 kotak, celana dalam anak2 dan orang dewasa 12 lusin dan pakaian bekas sangat layak dipakai 1 karung besar.


Meski demikian, mantan Kepala SMAN 6 Padang tesebut juga meminta kepada warga yang terdampak bencana untuk tetap tegar dan bersabar dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Karena semua yang terjadi ini adalah kehendak dari Allah SWT.


“Kami berharap warga yang terdampak banjir ini untuk bisa lebih memperbanyak sabar dan tabah dalam menghadapi cobaan ini,” ungkap Barlius yang ikut menyalurkan bantuan bersama Kabid Pembinaan SMA dan Pembinaan SLB, Mahyan.(ril)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama