Novrial : ASN Harus Bersyukur dengan Apa yang Sudah Didapat saat Ini

 

Padang, Sindotime-Hari Jum’at adalah penghulu segala hari, makanya hari Jum’at menjadi hari yang istimewa. Artinya Jum’at adalah hari dan waktu terbaik bagi umat Islam menimba amalan yang berlipat ganda sepanjang hari Jum’at. Dinas Perindustrian dan Perdagangan dibawah pembinaan Novrial selaku Kepala Dinas tidak melewatkan kesempatan ini, tiap jumat selalu melakukan wirid bersama keluarga besar Dinas Perindustrian dan Perdagangan provinsi Sumatera Barat di Mushola Al Ikhlas Jalan Aur No.1 Padang Dalam lingkungan kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan provinsi Sumatera Barat.


Dalam kesempatan tersebut, Novrial mengajak kepada seluruh ASN dilingkungan Disperindag Sumbar agar bekerja dengan tupoksi masing-masing, sehingga tugas yang sudah diberikan oleh negara bisa dilaksanakan dengan baik. Menurut Novrial, ASN harus bersyukur dengan apa yang sudah didapat saat ini, sedang diluar sana masih banyak orang yang tidak mempunyai pekerjaan dan tidak punya penghasilan tetap untuk menghidupi keluarganya.



"Kerjakanlah tugas dengan senang hati , sehingga yang berat akan teras menjadi ringan. Untuk tahun depan akan tetap dilanjutkan wirid mingguan kita di Dinas Perindag," ajak Novrial.


"Karena ini minggu kedua awal tahun Baru 2024 kita isi dengan agenda rutin kita setiap Jumat menimba ilmu dilingkungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan provinsi Sumatera Barat, kita jadikan agenda rutin kita sepanjang tahun 2024 ini," ulas Novrial.


Menurut Ustadz Rahmad Ridho,S.Ag Kebahagiaan itu bukan berada dalam harta, tetapi dalam hati yang diberikan Allah Swt berupa sifat Khonaah. Sifat Khonaah itu bisa diberikan Allah kepada Semua Orang baik kaya maupun miskin. Seseorang beruntung, karena ia tak pernah sekalipun merasa kekurangan. Ia selalu merasa apa yang telah diberikan adalah cukup.


Allah SWT sangat banyak memberikan kenikmatan kepada manusia, diantara kenikmatan yang diberikan Allah, Harta adalah nilai yang paling rendah tingkatnya menurut kadarullah, berikut urutan nikamt yang diberikan Allah dari yang terendah sampai yang tertinggi, sbb:

1. Nikmat Harta

2. Nikmat Kesehatan

3. Nikmat Keamanan

4. Nikmat Iman


Dari Abdullah bin Amr, Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh sangat beruntung orang yang telah masuk Islam, diberikan rizki yang cukup dan Allah mengaruniakannya sifat qana’ah (merasa puas) dengan apa yang diberikan kepadanya.” (HR. Muslim).


Sifat Qanaah bisa menghindari diri seseorang dari Rasa Iri dan Dengki.

Memiliki sifat qanaah akan menjaga diri dari iri dan dengki kepada sesama. Karena ia sudah merasa cukup atas segala yang dimiliki.


Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda,“Umatku akan ditimpa penyakit berbagai umat.” Para sahabat berkata, “Wahai Rasulullah, apa saja penyakit umat-umat (terdahulu)?” Rasulullah berkata, “Kufur Nikmat, menyalahgunakan nikmat, saling berlomba memperbanyak dunia, saling berbuat najsy (mengelabui dalam penawaran, pen.), saling memusuhi, dan saling hasad-menghasadi hingga timbulnya sikap melampaui batas (kezaliman).” (HR. Al-Hakim)


Seseorang yang memiliki sifat qanaah selalu hidup sederhana. Meskipun ia mampu untuk memperlihatkan harta kekayaan yang dimiliki, namun ia tetap rendah hati dan sederhana. Karena tujuan utamanya bukanlah semata-mata harta duniawi.


Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Bukannya kekayaan (orang kaya) itu karena banyaknya harta, melainkan kekayaan (orang kaya) yang sebenarnya adalah kaya hati”. (HR Bukhari dan Muslim)


Wirid Mingguan ini dihadiri oleh Seluruh ASN Perindag dan pejabat struktural di lingkungan Dinas Perindag Sumbar antara lain Sekretaris Disperindag Wiko Umar Dani, pejabat Esselon III dan IV serta seluruh ASN Disperindag Sumbar.(rel)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama