PT PLN IP UBP Teluk Sirih Salurkan Santunan Anak Yatim, Dhuafa, Fisabilillah dan Fakir Miskin

Disantuni: Manager PT PLN IP UBP Teluk Sirih, Lufti Nul Hakim menyerahkan santunan secara simbolis saat Buka Puasa Bersama dan Syiar Ramadhan Berbagi Bersama Anak Yatim, Dhuafa, Fisabilillah dan Fakir Miskin yang dilaksanakan di Mushala dan Halaman Kantor PT PLN IP UBP Teluk Sirih, Kamis (4/4/2024).


Padang, sindotime-PT PLN Indonesia Power (PLN IP) Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Teluk Sirih melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) Annur telah menyerahkan santunan senilai Rp 50 juta untuk anak yatim, dhuafa, fisabilillah dan juga fakir miskin, kemarin.


Penyerahan santunan secara simbolis tersebut dilakukan dalam kegiatan Buka Puasa Bersama dan Syiar Ramadhan Berbagi Bersama Anak Yatim, Dhuafa, Fisabilillah dan Fakir Miskin yang dilaksanakan di Mushala dan Halaman Kantor PT PLN IP UBP Teluk Sirih.


“Saat ini sudah ada sekitar 200 anak yatim yang rutin kita bina dan kita santuni. Kami berkolaborasi dengan LAZ Annur yang dulunya bernama YBM PLN,” ujar Manager PT PLN IP UBP Teluk Sirih, Lufti Nul Hakim, Kamis (4/4).


Disebutkan, zakat dan infaq yang diberikan kepada mereka yang berhak menerima ini berasal dari gaji karyawan yang dipotong secara sukarela setiap bulannya. Lalu zakat dan infaq karyawan ini dikumpulkan dan dikelola oleh LAZ Annur.


Anak Yatim, Dhuafa, Fisabilillah dan Fakir Miskin yang disantuni ini umumnya berasal dari area sekitar PLTU Teluk Sirih, yaitu kelurahan Bungus Teluk Kabung Selatan, Bungus Teluk Kabung Tengah dan Bungus Teluk Kabung Utara.


“PLTU Teluk Sirih merupakan objek vital yang menjadi salah satu tulang punggung energi listrik di Sumbar. Kami bertugas menjaga keberlangsungan operasional pembangkit untuk mencegah terjadinya gangguan yang dapat berdampak pada pemadaman, tentunya dengan menggandeng masyarakat sekitar dan Stakeholder terkait yang ada di sekitar Perusahaan,” ungkap pria yang akrab disapa Lufti.


Dia juga mengaku bersyukur melihat tingginya antusiasme karyawan dalam menyisihkan pendapatan mereka secara sukarela tanpa paksaan. Untuk itu, dia berpesan agar penerima santunan ini bisa mempergunakannya kepada hal-hal yang bermanfaat.


Camat Bungus Teluk Kabung, Harnoldi mengaku, pihaknya sangat terbantu sekali dengan adanya santunan yang disalurkan PT PLN IP UBP Teluk Sirih ini. Karena, sebagai daerah yang terletak di pesisir pantai, tentu memiliki berbagai persoalan-persoalan kemiskinan.


“Keberadaan PT PLN IP UBP Teluk Sirih ini sangat terasa sekali, terutama dalam mendorong pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan di wilayah sekitar. Karena itu, kami berharap agar masyarakat bisa bersama-sama menjaga aset Negara ini,” pinta Harnoldi.


Ketua LAZ Annur PT PLN IP UBP Teluk Sirih, Darmansyah menjelaskan, pengumpulan dan pengelolaan zakat sebesar 2,5 persen dari gaji karyawan ini dilakukan oleh PT PLN IP Pusat, yang kemudian distribusikan kembali ke unit-unit PT PLN IP yang ada di daerah, untuk disalurkan kepada mereka yang berhak menerima zakat.


“Mereka yang menerima santunan ini juga sudah melalui verifikasi tim LAZ Annur PT IP Teluk Sirih yang turun langsung ke lapangan. Sehingga santunan yang disalurkan ini betul-betul bisa tepat sasaran,” sebut Darmansyah.(zul)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama