Akibat Curah Hujan, Banjir Dan Longsor Terjadi Di Tanjung Gadang Sijunjung



Sijunjung, Sindotime.com – Akibat curah hujan yang tinggi dari semalam akibatkan longsor dan banjir di tiga jorong Nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang, Sijunjung, Rabu (3/1/2024).

 

Tiga jorong yang dilanda banjir dan longsor di nagari tersebut, yakni Jorong Pasar Tanjung Gadang, Jorong Guguk Naneh dan Jorong Pandam.

 

“Penyebab banjir dan longsor karena curah hujan yang tinggi dari semalam hingga meluapnya air Sungai Batang Kulampi, merusak beberapa fasilitas pendidikan, rumah warga dan jalan,” ucap Prima Randu, Wali Nagari Tanjung Gadang kepada MC Sijunjung.

 

Prima Randu juga menjelaskan ada beberapa kerusakan yang diakibatkan oleh longsor dan banjir yang melanda Nagari Tanjung Gadang.

 

“Longsor menimpa rumah makan mama di Jorong Guguk Naneh, banjir merendam SD 14 Tanjung Gadang dan SMAN 3 Sijunjung serta rumah warga yang terus kami data sampai sekarang,” jelasnya.

 

Akses Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) tepatnya di Jorong Guguk Naneh juga sempat terganggu tapi sudah diatasi dan bisa diakses.

 

“Titik longsor di Jalinsum sudah tangani langsung oleh BPBD Sijunjung, Polisi, Damkar Tanjung Gadang serta Dinas PUPR,” jelasnya.

 

Ia juga berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Sijunjung yang selalu cepat tanggap dalam mengatasi bencana yang telah terjadi.

 

“Korban jiwa dalam bencana ini tidak ada hanya kerugian material yang jumlahnya belum sempat diperkirakan,” pungkasnya. (Dicko/ril)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama