Semangat Baru Bangun Pendidikan Sumbar



Padang, Sindotime.com-Sebanyak 43 kepala sekolah dan Kasi di lingkungan Dinas Pendidikan Sumbar mendapatkan amanah untuk mengemban jabatan yang baru. Ini setelah dilakukan pelantikan secara resmi oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah di Gubernuran, Senin (15/1/2024).

 

Dari 43 kepsek yang dilantik se-Sumbar tersebut, sebanyak dua orang dipromosikan di bawah jajaran Cabang Dinas Pendidikan (Cabdin) Wilayah VIII. Mereka adalah Yoni Asman yang sebelumnya menjabat sebagai staf di Cabdin VIII dipromosikan sebagai Kasi SMK di Cabdin VIII yang membawahi wilayah kerja Kabupaten Kepulauan Mentawai.

 

Kemudian, Hadi Syahputra yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil kepala SMAN 1 Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai dipromosikan sebagai Kepsek SMAN 1 Pagai Selatan. Di mana keduanya mendapatkan promosi setelah menjalani seleksi yang ketat di lingkungan Dinas Pendidikan Sumbar.

 

“Sesuai dengan motto Cabdin VIII BERDASI, yakni BERkarakter cerDAS dan berprestaSI, maka yang berprestasi dan berdedikasi pastinya akan dipromosikan untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi,” kata Kepala Cabdin Pendidikan Sumbar Wilayah VIII, Mulyadi Wijaya, kepada Padang Ekspres, di sela-sela pelantikan di Gubernuran, kemarin.

 

Dia berharap, kedua jajaran yang dilantik tersebut, dapat segera menyesuai diri dengan lingkungan kerja yang baru. Selain itu juga diminta untuk terus melakukan inovasi di lingkungan kerja yang baru untuk membawa kemajuan dunia pendidikan di Sumbar

 

Dan yang terpenting adalah tetap menjunjung solidaritas dengan warga sekolah, sehingga dapat mempercepat target-target yang akan dicapai pihak sekolah. Apalagi sebentar lagi, juga akan memasuki tahun pelajaran baru.

 

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menekankan, pihaknya cukup berbangga dengan apa yang telah diraih Sumbar pada 2023. Di mana, Sumbar menjadi satu dari enam provinsi di Indonesia yang tertinggi Indeks Pemangunan Manusia (IPM) 2023.

 

Bahkan, untuk wilayah Sumatera, Sumbar menempati peringkat kedua setelah Riau. Sedangkan untuk daerah seperti DKI Jakarta dan Yogyakarta, sejauh ini memang menjadi kompetitor yang sulit untuk disaingi.

 

“Kalau untuk Sumatera, kita dua besar yang tertinggi IPM-nya. Di atas kita ada Riau. Kalau untuk Indonesia, DKI Jakarta dan Yogyakarta sepertinya memang masih yang terbaik,” ujar Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah dalam sambutannya.

 

Dia juga tidak menampik jika, bukan pekara yang mudah untuk mengalahkan provinsi-provinsi yang ada di pulau Jawa. Namun Sumbar masih bisa berkompetisi dengan daerah lainnya, sehingga bisa disegani oleh provinsi-provinsi lainnya di Indonesia.

 

Menghadapi generasi emas pada 2045 nanti, sangat dibutuhkan kualifikasi sehingga bangsa Indonesia bisa bersaing dengan bangsa lainnya di dunia. Bahkan untuk Asia saja, Indonesia sudah bisa bersaing dengan Jepang. Kecuali Tiongkok.

 

“Karena itu, menurut saya, usia 38-39 merupakan usia emas calon pemimpin masa depan yang mapan,” ungkap mantan Wali Kota Padang tersebut.

 

Untuk itu, dirinya menyandarkan harapan yang besar terhadap guru-guru yang ada di Sumbar. Karena, maju mundurnya kualitas pendidikan di suatu daerah sangat ditentukan oleh tenaga kependidikan. Dan guru-guru ini juga harus bisa menjadi pemerekat bangsa, yang dapat menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

“Kalau dikaji sejarahnya, Sumbar sudah melahirkan lebih dari 1.600 tokoh, bukan 1.001 tokoh lagi. Bahkan, Sumbar juga mencatat sejarah dalam perjalan bangsa ini, di mana 50 persen tokoh dari pendiri bangsa ini berasa dari Ranah Minang,” tegasnya.

 

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Barlius berharap, para kepala sekolah yang dilantik ini, adalah orang-orang terbaik yang sudah melalui proses seleksi. Untuk itu, pihaknya berharapn para Kepsek tersebut bisa mencari terobosan-terobosan baru yang berdampak positif terhadap kemajuan sekolah tempat mereka bertugas.

 

“Jadi kita memberikan peluang seluas-luasnya bagi para kepsek untuk melakukan berbagai inovasi yang bisa berdampak pada perbaikan kualitas pendidikan,” pintanya.

 

Pelantikan itu juga dihadiri Sekretaris Disdik Sumbar, Suryanto dan juga Kabid SMA, Mahyan, serta sejumlah kepala sekolah yang ada di Sumbar.(rel)

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama