Mobilisasi Warga via Nagari Servis

 


Padangpariaman, Sindotime-Jajaran Forkopimca Batanganai terpaksa harus bekerja keras untuk mengejar target vaksinasi minimal 70 persen. Program Serbu Vaksin Seribu (Servis) Nagari, menjadi salah satu program andalan untuk mengejar target tersebut hingga akhir tahun ini. 

Adanya Program Servis Nagari ini dinilai akan memudahkan pelayanan bagi warga hingga ke jorong-jorong yang ada di Kecamatan Batanganai untuk mendapatkan vaksinasi. Sehingga ini akan meningkatkan target partisipasi masyarakat.

"Jadi kita memobilisasi warga untuk mau mengikuti vaksinasi melalui program ini, dengan menurunkan personel dan tenaga kesehatan ke rumah-rumah warga di seluruh nagari di Batanganai," ujar Kapolsek Batanganai, Iptu Admaroza kepada media, Sabtu (30/10).

Dia juga tidak menampik jika, rendahnya minat masyarakat untuk mengikuti vaksinasi dikarenakan, masih ada warga yang mudah percaya berita-berita hoak soal vaksinasi selama ini. Untuk itu, perlu dilakukan penyuluhan hingga ke rumah-rumah masyarakat. 

Terkait Program Servis Nagari ini, selama delapan minggu ini, pihaknya akan terus menurunkan personel dan satu orang Nakes dari Puskesmas Batanganai untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat terkait vaksinasi. Dan juga menginformasikan kepada masyarakat terkait keberadaan gerai vaksin di kantor-kantor wali nagari. 

Program ini akan berjalan hingga delapan minggu kedepan dengan menyasar sebanyak delapan nagari yang ada di kecamatan Batanganai. Dan saat ini program tersebut sudah memasuki minggu ketiga yang dilaksanakan di Kantor kenagarian Sungai Buluh Utara. 

Setelah sebelumnya juga dilaksanakan di kenagarian Sungai Buluh Barat. Dan Kenagarian Sungai Buluh Timur untuk pertama kalinya. Lalu untuk pekan keempat akan dilaksanakan di Kenagarian Buayan.

"Jadi kami mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Karena tidak ada cara lain untuk meminimalisir penyebaran virus covid-19 selain dilakukan vaksinasi ini,, dan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," pinta pria ramah senyum ini. 

Wali Nagari Sungai Buluh Selatan, Afrizal menjelaskan, untuk program servis nagari ini, akan dilaksanakan pada 15-19 November mendatang di daerahnya. Bahkan saat ini pihaknya intens melakukan komunikasi dengan pihak terkait seperti Polsek, Puskesmas dan Camat. 

Sebagai gambaran dalam pelaksanaannya nanti, pihaknya akan membagi dua tempat pelaksanaan, yakni di Kantor Wali Nagari Sungai Buluh Selatan dan di Korong Palapa. Ini dimaksud untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan vaksinasi. 

"Kapan perlu nantinya selain mengerahkan sebanyak 10 personel untuk memobilisasi warga, kami juga akan meminta bantuan tukang ojek untuk mendatangi rumah-rumah masyarakat. Dan kita buat dua tempat pelaksanaannya agar mudah dijangkau masyarakat," ungkap pria yang akrab disapa Eri Gunung tersebut. 

Di Kenagarian Sungai Buluh Selatan ini sendiri, ada sekitar 6.500 jiwa. Dari jumlah tersebut baru sekitar 25 persen yang sudah disasar vaksinasi. Karena itu, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dengan cara apapun agar mau mengikuti vaksinasi.(zul)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama